Semua Pasti Ada Hikmahnya (1)



Haloooooooo! Long time ngga update hehehe

Disini saya ingin menceritakan sedikit pengalaman yang menurut saya merupakan salah satu keputusan besar dalam hidup saya. Untuk teman-teman yang memiliki kisah hidup yang mirip dengan saya, Hei...Kalian ngga sendirian :)

Lulus dari SMAN 2 Kediri (Smada), saya mendaftar sebagai calon taruna di Akademi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Sidoarjo. Motivasi saya simpel saja, dulu saya ada janji dengan teman saya, Nabila, untuk sekolah bersama disini. Dan karena alasan ini itu akhirnya malah saya sendiri yang mendaftar. Siang itu, saya dan beberapa teman 'nekat' ke Sidoarjo bersama. Saya bilang nekat karena diantara kami, hampir semua tidak mengetahui seluk beluk kota ini dengan baik. Tapi Alhamdulillah, sampai juga kami di BMKG dekat bandara Juanda waktu itu. Sebelum menyerahkan dokumen, satu per satu kami diukur ketimggiannya oleh petugas. Lolos. Aman. Tapi tiba-tiba salah satu teman saya terlibat adu pendapat dengan petugas pengukur tinggi ini. Intinya dia tidak bisa lanjut karena tingginya masih kurang setengah cm. Cuma karena setengah cm itu, perjuangannya harus terhenti. Sebagai teman tentu sedih rasanya melihat seorang teman harus gugur bahkan sebelum dia sempat berperang. Tapi yakinlah, Tuhan pasti punya rencana lain (dan sekarang dia berbahagia karena telah menjadi sarjana prok prok prok)

Tes awal adalah tes tulis yang diselenggarakan di GOR Delta Sidoarjo. Sumpah itu panas banget, Bro! Udah panas-panas harus mikir soal ujian sambil dipelototin pengawas, kebayang dong gimana rasanya? Dan...akhirnya terlewati juga. Saya Lolos. Bangga juga bisa mengalahkan orang sekian ribu dalam keadaan sepanas itu hahaha. Tes selanjutnya adalah wawancara. Kembali pagi itu saya dan teman-teman nongkrong di BMKG untuk registrasi wawancara. Yang bikin saya dan rekan melongo adalah hampir semua bawa kertas kecil sambil komat kamit baca mantra. becanda... ternyata mereka sedang menghafalkan satu paragraf panjang berisi deskripsi diri dan entah apalagi. Seketika itu jantung saya degupannya udah ngga santai. Kok ngga kepikiran ya dari kemaren bikin beginian? :')) darisitu udah ciut seciutciutnya. Tibalah saat saya harus masuk ke ruangan wawancar. Namanya juga kurang pengalaman yaa, saya nyelonong aja duduk di depan pewawancara. Langsung deh beliau dengan ketus bilang,"Siapa yang suruh duduk?". Duarrrrrr!!! rontoklah sudah harapan saya. Yah bisa dipastikan kan? Saya ngga lolos. wkwkw. Pada saa pengumuman akhir, teman saya yang lolos cuma satu. Yang ngga lolos saling tukar cerita tentang pengalaman wawancara. Elaaaah ternyata mereka kena ZONK yang sama wkwk.

Karena saking terpuruknya ngga lolos jadi taruna AMKG, saya pun jadi ngga semangat belajar untuk SBMPTN (alibi hehe). Trus gagal deh jadi mahasiswi Teknik Sipil ITS yang katanya kece-kece itu. Tak ada rotan akar pun jadi. Mungkin itulah peribahasa yang cocok untuk saya kala itu. Ngga dapet ITS, coba-coba lah saya daftar di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Untungnya saya ketrima di prodi D4 Mekatronika, kalo ngga saya juga ngga tau sekarang jadi apa.

Segala kegiatan selama saya kuliah di PENS saya nikmati benar. Mulai dari kuliah malam, praktikum, agenda-agenda jurusan sampai Paduan Suara. Semester I bisa saya lewati dengan mulus. Jeng jeng jeng, masuklah saya di Semeser II. Semester penuh kegalauan dan keputusasaan. Materi kuliah sudah mulai mengerucut dan baru saya sadari saya tidak tahu apa-apa tentang Mekatronika. Ditengah keputusasaan itulah, tiba-tiba Mama saya menawarkan untuk pindah.

Mama : “Nduk, daftar STAN aja lo. Anaknya Bu …. Kuliah 3 tahun langsung kerja”

Saya : “Lah.. dulu katanya ngga boleh “

Mama : “Ya kan dulu yang keterima kebanyakan laki. Daripada patah hati lagi kayak di AMKG”

Sampe sekarang saya mikir, dapet teori darimana Mama saya dulu, kok bisa langsung menyimpulkan yang keterima di STAN kebanyakan laki-laki. Balik lagi ke PENS. Sungguh, biarpun saya ngga betah sama materi yang dijejalkan oleh Bapak Ibu Dosen saya yg baik, tapi saya senang berada disana. Seperti punya ikatan yang ngga bisa saya jelaskan. Bahkan sampai saya menulis post ini, saya masih sering main-main ke PENS untuk sekedar say Hi sama teman sekelas saya dulu. Hari-hari saya semakin dipenuhi kegalauan yang teramat sangat. Ngga jarang teman sekelas saya kena semprot karena emosi yang tidak terluapkan namun juga tidak bisa saya ceritakan. Hari pun berlalu, saya mendaftarkan diri dibekali seratus lima puluh ribu hasil dukungan Mama saya.
Tibalah disaat saya harus melakukan pemberkasan. Di hari kuliah. Ya Allah, bagaimana ini? Setelah meminta tolong pada senior saya yang kuliah di ITS (bukannya modus, tapi saya ngga tau jalan hehe), saya beranikan diri datang ke Lab. Manufaktur pagi itu. Kalo ditolak yaudah, bukan jalanku. Lagian bodoh banget terang-terangan minta ijin mau hengkang dari kampus.

Saya : “Selamat pagi, Pak”

Pak Ovin :”Loh mana jas labnya?”

Saya : “mmmm anu pak, saya ijin ngga ikut praktikum”. Sepasang mata langsung menatap saya tajam. Ketua kelas.

Pak Ovin :”Kenapa memangnya, Fris?”

Saya : Tarik napas dalam-dalam.”Saya mau pemberkasan untuk tes STAN pak”

Pak Ovin :”Oh begitu. Oke, good luck ya!”

Saya melongo aja waktu itu. Apa? Oke? Good luck? Ngga salah denger nih? Setelah mengucapkan terimakasih buru-buru saya pergi, takutnya beliau keburu berubah pikiran hehe. Setelah melewati antrian panjang, proses pemberkasan saya selesai juga. Fiuh. Saya dapet tempat tes 200m dari kos. Kebetulan? Mungkin.

Berita rencana hengkang saya pun menyebar dengan cepat. Teman dekat, teman paduan suara, senior jurusan bahkan kak mantan ikut berkomentar. Uhuk. Yah, saya senyumin aja. Yang paling berat itu menjelaskan pilihan ini ke teman sebangku saya, sekaligus the one and only girl di kelas kalo saya pindah nanti. Kalo saya diposisi dia, pasti bakal ikutan galau bukan main. Antara mendukung teman tapi menyakiti diri sendiri atau memilih jadi egois. Dengan beberapa kali sesi sharing, akhirnya teman saya pun mengerti. Thanks jup :) 

Saya ingat sekali, tes tulis dilaksanakan pada minggu, hari pertama puasa dan H-1 UAS saya :’) gila gila gila. Seminggu sebelum tes adalah minggu tergila buat saya. Gimana ngga? Saya yang pemalas harus mempersiapkan dua tes yang sangat berbeda. Ditambah tekanan dari teman-teman untuk mundur dan tekanan dari Mama saya untuk LOLOS, bukan cuma sekedar lanjut. Pusing pala berbi sodara-sodara. Ngga kayak biasanya, pagi-pagi saya sudah rapi dengan kemeja, bersepatu tertutup dilengkapi nomor peserta dan seperangkat alat ujian. Seperti dugaan, gedung tempat ujian sudah penuh sesak. Padahal masih pagi, batin saya. Ada yang bawa tas ransel kayak mau camping, mungkin mau langsung pulang setelah tes usai. Ada yang masih dianter kedua orang tua, ampun deh. Dan saya, sendirian sok tegar huhu. Bodo amat deh. Dengan PD saya masuk ruang ujian. Dingin. Alhamdulillah hehehehe. Suhu juga ikut berpengaruh ke konsentrasi pengerjaan soal lho (alibi). Tes pun dimulai, entah kenapa saya ngga gugup sama sekali saat itu. Mungkin udah pasrah dan lelah otak saya seminggu sebelumnya dipake mikir terus. Semua berjalan lancer dan saya pulang ke kos dengan wajah sumringah. Asik. Satu tugas telah terlaksana.



Hari berganti hari, saya mendapat chat dari teman yang sudah kuliah di STAN. Katanya saya DITERIMA. Wow. Good job brain! Antara seneng, gugup dan ngantuk berat bercampur jadi satu. Ini nyawa masih belum terkumpul sepenuhnya akibat hibernasi eh dapat kabar semengejutkan itu! 

Dan perjuangan yang sesungguhnya baru saja dimulai...

                   Goodbye mechans. There must be a really 'good' reason in this goodbye

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keajaiban di Pasar Senen